Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester Genap
Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester Genap
Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester Genap - Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Pengembangan silabus pada hakekatnya ditujukan kepada guru dan kelompok guru mata pelajaran di sekolah/madrasah, musyawarah guru mata pelajaran, dan dinas pendidikan. Sejalan dengan itu maka tujuan pengembangan silabus adalah membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam menjabarkan Kompetensi Dasar (KD) menjadi perencanaan pembelajaran yang akan dicapai.
Fungsi pengembangan silabus secara umum adalah:
1. Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran secara individual; (2) penyusunan materi ajar; (3) pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaian yang selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.
2. Dalam hal ini silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kom petensi Dasar (Abdul Majid, 2009: 40).
3. Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran.
Download juga;
Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester Genap |
Fungsi pengembangan silabus secara umum adalah:
1. Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran secara individual; (2) penyusunan materi ajar; (3) pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaian yang selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.
2. Dalam hal ini silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kom petensi Dasar (Abdul Majid, 2009: 40).
3. Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran.
Download juga;
RPP Kelas 1 Tema 5-6-7-8 K-2013 Edisi Revisi Semester 2
Prota dan Prosem Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi
PROTA, PROSEM Kelas 2 SDMI Semester 2 K13
RPP K13 SD/MI Kelas 2 Tema 5,6,7,8 Edisi Revisi Semester 2
RPP Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tema 5,6,7,8 Revisi
Jurnal Mengajar K13 SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan 2 Revisi
Pemetaan KI-KD K13 Revisi Terbaru Kelas 3 SD/MI Semester 2Dengan adanya sebuah rancangan yang matang, maka dalam pelaksanaan pembelajaran guru akan lebih terarah dalam penyajian materi ajar atau pengalaman-pengalaman belajar, sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar peserta didik.
================ Link Download ================
Link Download: Silabus K13 Kelas 4 Tema 6.doc
Link Download: Silabus K13 Kelas 4 Tema 7.doc
Link Download: Silabus K13 Kelas 4 Tema 8.doc
Link Download: Silabus K13 Kelas 4 Tema 9.doc
Demikian semoga materi Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester Genap dapat bermanfaat dengan maksimal, mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam membagikan dan menjelaskan berbagai materi di blog ini.