LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
LAPORAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
SUB UNSUR PENGEMBANGAN DIRI
|
JENIS KEGIATAN:
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LALU LINTAS DAN BUDI PEKERTI TERINTEGRASI DALAM KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
TAHUN 2016
|
OLEH:
NAMA GURU
|
:
|
BUDI SANTOSO,S.PD.SD.
|
NIP
|
:
|
19781017 201409 1 001
|
UNIT KERJA
|
:
|
SD NEGERI 4 JAMBANGAN
|
PANGKAT,GOL/RU
|
:
|
PENATA MUDA, III/a
|
JABATAN
|
:
|
-
|
SEKOLAH DASAR NEGERI 4 JAMBANGAN
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN GEYER
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GROBOGAN
TAHUN 2016
i
|
IDENTITAS GURU
NAMA
|
:
|
BUDI SANTOSO,S.PD.SD.
|
NIP/NOMOR SERI KARPEG
|
:
|
19781017 201409 1 001/ -
|
PANGKAT/GOL RU/TMT
|
:
|
PENATA MUDA/ IIIa / 01 SEPTEMBER 2014
|
TEMPAT, TANGGAL LAHIR
|
:
|
GROBOGAN, 17 OKTOBER 1978
|
JENIS GURU
|
:
|
GURU KELAS
|
JENIS KELAMIN
|
:
|
LAKI-LAKI
|
ALAMAT SEKOLAH
|
:
|
SD NEGERI 4 JAMBANGAN
DUSUN GLAGAH DESA JAMBANGAN
|
ALAMAT RUMAH
|
:
|
DSN. JAMBANGAN DS. JAMBANGAN
KEC. GEYER KABUPATEN GROBOGAN
|
ii
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan KegiatanPengembanganKeprofesianBerkelanjutan Sub UnsurPengembangan Diri, yaitu Pendidikan dan Latihan Fungsional Implementasi Pendidikan Lalu Lintasdan Budi Pekerti Terintegrasi Dalam Kurikulum Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Tahun 2016 ini disusun oleh BUDI SANTOSO,S.Pd.SD. NIP.19781017 201409 1 001unit kerja SD Negeri 4 JAMBANGAN yang dilaksanakan pada tanggal 3 September 2016 s/d 7 September 2016 di Aula UPTD Pendidikan Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah.
DISAHKAN OLEH :
Kepala Sekolah,
HARNO,S.Pd.
NIP 19630731 198803 1 008
|
Koordinator PKB,
RUBIYAH, S.Pd.SD.
NIP 196105311983042002
|
iii
KATA PENGANTAR
Pujisyukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya kegiatan Diklat Implementasi Pendidikan Lalu Lintasdan Budi Pekerti Terintegrasi Dalam Kurikulum Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Tahun 2016. Kegiatan ini dilaksanakan dilandasari oleh karena kurangnya pengetahuan tentang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas oleh para pelajar dan generasi muda yang berakibat pada perbuatan pelanggaran ketertiban lalu lintas dan terjadinya korban kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh pelajar dan anak-anak dibawah umur, Bahwa masalah penaganan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas merupakan tanggung jawab bersama dari semua pihak, bahwa dalam rangka mendukung Pembangunan Nasional terutama pembangunan di bidang ekonomi dan pengembangan wilayah, memajukan kesejahteraan umum, menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa, membentuk etika & budaya bangsa berlalu lintas yang benar dan baik;
Makakitaperlumenanamkanetikaberlalulintasdenganbaikdanbenarsedinimungkin, karena pada usia dinilah penanaman dan pemahaman tentang arti pentingnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dianggap paling efektif dalam proses pembentukan mental, perilaku dan etika serta budaya berlalu lintas yang baik dan benar.
iv
Demikian laporan ini kami buat kepada pihak-pihak terkait dan semoga bermanfaat untuk terciptanya budaya berlalu lintas dengan baik dan benar, dan apabila ada kekurangan dan kesalahan dalan laporan ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Jambangan, 8 September 2016
Penyusun,
BUDI SANTOSO,S.PD.SD.
NIP. 19781017 201409 1 001
v
DAFTAR ISI
LEMBAR SAMPUL …………………………………………………………………………….…… i
LEMBAR IDENTITAS ………………………………………………………………………….…. ii
LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………………………….…… iii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………….……. iv
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………….…… v
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………….…….. 1
A. Latar Belakang …………………………………………………………………….……. 1
B. Tujuan ………………………………………………………………………………….….. 2
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN ……………………………………………….……….. 3
A. Waktu dan Tempat …………………………………………………………………..... 3
B. Materi Pendidikandan Pelatihan ..………………………………………….……… 3
C. Nara Sumber/ Fasilitator …………………..………………………………….….… 4
D. Strategi/Metode Kegiatan ……………………..……………………………..…… 4
E. Hasil/Manfaat yang Diperoleh ………………………………….…………...….…. 5
F. Tindak Lanjut ……………………………………………………………………...…….. 5
G. Dampak Setelah Mengikuti Kegiatan Diklat …………………….………..….. 6
BAB III PENUTUP …………………………………………………………….………………….. 7
A. Kesimpulan ……………………………………………………………….……………….. 7
B. Saran …………………………………………………………………….……………….….. 7
vi
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kegiatan Pendidikan dan Latihan Implementasi Pendidikan Lalu Lintas dan Budi Pekerti Terintegrasi Dalam Kurikulum Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Tahun 2015 ini dilaksanakan dilandasari oleh karena:
a. Kurangnya pengetahuan tentang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas oleh para pelajardangenerasi mudayangberakibat pada perbuatan pelanggaran ketertiban lalu lintas dan terjadinya korban kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh pelajardananak-anak dibawah umur;
b. Bahwa masalah penaganan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas merupakan tanggung jawab bersama dari semua pihak;
c. Bahwa dalamrangka mendukung Pembangunan Nasional terutama pembangunan di bidang ekonomi dan pengembangan wilayah,memajukan kesejahteraan umum,menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa, membentuk etika & budaya bangsa berlalu lintas yang benar dan baik.
Maka kita perlu menanamkan etika berlalu lintas dengan baik dan benar sedini mungkin, karena pada usia dinilah penanaman dan pemahaman tentang arti pentingnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas
1
dianggap paling efektif dalam proses pembentukan mental, perilaku dan etika serta budaya berlalu lintas yang baik dan benar.
B. TUJUAN
Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Implementasi Pendidikan Lalu Lintas dan Budi Pekerti Terintegrasi Dalam Kurikulum Satuan Pendidikan Sekolah Dasar tahun 2015, bertujuan untuk :
1. Meningkatkan profesionalitas Guru melalui kegiatan Pengembangan Diri;
2. Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya Pengembangan Diri bagi guru dalam meningkatkan kinerja;
3. Mengimplementasikan pendidikan lalulintas dan budi pekerti yang terintegrasi dalam kurikulum di satuan pendidikan masing-masing.
2
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A. WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Implementasi Pendidikan Lalu Lintas dan Budi Pekerti Terintegrasi Dalam Kurikulum Satuan Pendidikan Sekolah Dasar tahun 2016, dilaksanakan di Aula UPTD PendidikanKecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Jalan Raya Purwodadi – Solo KM 15 Nomor 103 Gundih Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 3 September 2016 s/d 7 September 2016 dengan alokasi waktu selama 32 jam (@ 45 menit)
B. MATERI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Rincian dari struktur program Pendidikan dan Pelatihan Implementasi Pendidikan Lalu Lintas Terintegrasi Dalam Kurikulum Satuan Pendidikan Sekolah Dasar seperti tertulis berikut :
No.
|
Materi Pelatihan
|
Jml Jam
|
Penatar
|
1
|
Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan
|
2
|
Ka. DinasKab. Grobogan
|
2
|
Pendidikan Budi Pekerti, Karakter, dan Ramah Anak
|
2
|
Drs. Sunardi, M.M.
|
3
|
UU Nomor 2 Tahun 2002 dan UU Nomor 22 Tahun 2009
|
3
|
SatlantasPolresGrobogan
|
4
|
PenyusunanKurikulum
|
4
|
Rasipan, S.Pd
|
5
|
Penyusunan Silabus dan RPP
|
5
|
Yatminah, S.Pd, M.Pd
|
3
6
|
Penilaian KTSP
|
3
|
Kusdi , S.Pd., M.M.
|
7
|
Ektrakurikuler dan Pengembangan Diri
|
2
|
Wakir, S.Pd., M.Pd
|
8
|
Simulasi / Peer Teaching
|
5
|
Rasipan, S.Pd
|
9
|
Presentasi Hasil Penyusunan Kurikulum, Silabus, dan RPP
|
3
|
Wakir, S.Pd., M.Pd
|
10
|
EvaluasidanTindakLanjut
|
3
|
Kono, S.Pd.
|
JUMLAH
|
32
|
jadwal kegiatan terlampir.
C. NARASUMBER/ FASILITATOR
Narasumber / fasilitator Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Implementasi Pendidikan Lalu Lintas dan Budi Pekerti Terintegrasi Dalam Kurikulum Satuan Pendidikan Sekolah Dasar tahun 2015adalah :
1. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan
2. Kasi Sumber Daya Manusia Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan
3. Satlantas Polres Kabupaten Grobogan
4. Pengawas UPTD Pendidikan Kecamatan Geyer
D. STRATEGI / METODE KEGIATAN
Metode Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Implementasi Pendidikan Lalu Lintas dan Budi Pekerti Terintegrasi Dalam Kurikulum Satuan Pendidikan Sekolah Dasar tahun 2015, dalam proses penyampaian materi adalah ANDRAGOGIK. Adapun metode pembelajaran yang digunakan meliputi:
4
1. Dikombinasikan dengan tanya jawab, diskusi dan latihan dengan komposisi 40% teori dan praktek penerapan 60%.
2. Pendalaman Materi:
a. Peserta melakukan komunikasi antar peserta
b. Peserta diberi latihan untuk saling bekerjasama secara aktif dalam berfikir.
E. HASIL / MANFAAT YANG DIPEROLEH
Hasil/manfaat yang diperoleh dalam mengikuti Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Implementasi Pendidikan Lalu Lintasdan Budi Pekerti Terintegrasi Dalam Kurikulum Satuan Pendidikan Sekolah Dasar tahun 2015 adalah :
1. Terwujudnya peningkatan aktivitas kelompok kerja yang terkaitdengan upaya pembinaan dan pengembangan profesi dan karir guru;
2. Terwujudnya Guru yang profesional melalui kegiatan Pengembangan Diri di Kelompok Kerja Guru Dan Kepala Sekolah;
3. Terwujudnya perangkat pembelajaran PKn yang terintegrasi dengan UU Lalulintas dan budi pekerti di satuan pendidikan masing-masing.
File Lengkap bisa didownload dibawah ini: